Pusat Layanan Akreditasi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (Puslak-SPMI) Lembaga Pengembagan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Tadulako menggelar sosialisasi terkait ”Pemetaan dan Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal” bertempat di Media Center Lantai II UNTAD (Selasa, 29/03/2022).
Dr. I Wayan Sudarsana, M. Si. Selaku Ketua Panitia dalam laporannya, menuturkan terkait aplikasi spmi.kemdikbud,go,id serta tujuan dilaksanakannya sosisalisasi tentang pemetaan dan evaluasi implementasi SPMI.
“Jumlah peserta yang diundang megikuti sosialisasi sebanyak 80 peserta yang berasal dari unit terkait dan penanggung jawab data di lingkungan UNTAD. Narasumber kita adalah Koordinator Puslak-SPMI LPPMP UNTAD Drs. Syamsu, M. Si. Yang akan memaparkan materi terkait kondisi data yang kita miliki di tahun 2021. Aplikasi spmi.kemdikbud,go,id merupakan aplikasi yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek Republik Indonesia. Berfungsi untuk melayani seluruh stakeholder perguruan tinggi yang terintegrasi dengan PD-DIKTI sehingga mendapatkan rujukan informasi perguruan tinggi. Aplikasi ini hadir sebagai rujukan informasi Perguruan Tinggi dan memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mengakses informasi data seputra Perguruan Tinggi serta civitas akademika dimanapun dan kapanpun. Selain itu, kita berkumpul hari ini mengingat UNTAD di tahun 2023 mendatang akan mengajukan borang akreditasi institusi dengan 9 kreteria. Tahun ini ada 45 prodi yang diharapkan melakukan re-akreditasi dan ISK yang sangat membutuhkan data-data dari PDDIKTI”. Ujar Dr. Wayan yang juga sekretaris Puslak-SPMI LPPMP.
Selain itu, Dr Wayan turut melaporkan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah: untuk menyampaikan hasil pemetaan dan evaluasi implementasi SPMI Program Studi dan Institusi terkait data PD-DIKTI, untuk memperkuat capaian rangkaian akselerasi dan akreditasi prodi dan menyiapkan data yang baik untuk kepentingan akreditasi institusi di tahun 2023. Untuk menkonsolidasikan/menggabungkan unit terkait dan penanggung jawab data dalam menjaga pemenuhan kelengkapan validitas data yang baik dan benar pada aplikasi PD-DIKTI, dan untuk mendiskusikan langkah-langkah strategis untuk menyampaikan permasalahan dan kendala dalam tata kelola data PD DIKTI di UNTAD.
Rektor Universitas Tadulako, Prof Dr. Ir. Mahfudz, MP dalam kesempatan yang sama, menuturkan apresiasinya terhadap LPPMP dan peserta atas dilaksanakannya sosialisasi kepada 80 peserta.
”Saya mengapresiasi LPPMP UNTAD khususnya kepada peserta karena kegiatan ini adalah koreksi dan evaluasi internal. Sosialisasi ini dilakukan karena ada hal yang ditemukan dan perlu koreksi segera yang terdata oleh kementerian. LPPMP meruapakan unit yang mengawal mutu akademik sehingga semua sektor memerlukan jaminan mutu kinerja secara internal dan eksternal. Oleh karena itu, mari kita akan memaparkan data terkait hal mana saja yang perlu dievaluasi dan diperbaiki. Setelah pertemuan ini, saya harap kita semua bergerak dan berkoordinasi dengan LPPMP jika ada data yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan”. Ujar Prof. Mahfudz.
Turut hadir pada acara pembukaan, Dekan dan Direktur Pascasarjana, Sekretaris LPPMP Dr. Zakiyah Zahara, SE MM, koordinator dan sekretaris pusbang, pusdit di lingkungan LPPMP.