Senin (07/10) Tim Kerja Pusat Layanan Akreditasi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (PUSLAK-SPMI) Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) melakukan rapat koordinasi. Bertempat di ruang rapat LPPMP rapat tersebut di ikuti oleh seluruh tim kerja dan beberapa jajaran LPPMP.
Dr. Golar, S.Hut., M.Si selaku ketua LPPMP mengungkapkan bahwa akan ada beberapa bidang yang akan menjadi titik fokus LPPMP diantaranya SPMI.
“Dengan adanya penekan ini kami sangat berharap kepada pusat ini. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, beberapa pusat harus fokus mengawal bidang-bidang yang strategis diantaranya SPMI, yang mana SPMI menjadi salah satu pondasi utama untuk dijadikan sebagai landasan untuk beberapa program studi yang akan melakukan kegiatan,”ujarnya.
Selain itu ia juga menjelaskan bahwa LPPMP juga akan melakukan beberapa penilaian maupun evaluasi terhadap bebarapa target yang telah direncanakan.
“Jadi kita juga melakukan evaluasi penilaian internal terhadap capaian dari standar yang kita buat oleh karena itu, LPPMP punya tanggungjawab yang cukup besar apalagi puslak-spmi,”tuturnya.
Diawal rapat koordinasi, tim kerja SMPI yang diwakili Koordinator Puslak-SPMI Drs. Syamsu, M. Si. telah menampilkan sebuah tampilan website yang nantinya menjadi pusat informasi dan layanan terkait SPMI. Website tersebut menjadi bahan diskusi di akhir rapat. Ketua LPPMP juga menyampaikan beberapa masukan yang berkaitan dengan pengadaan website SPMI.
“Dari awal paparan, saya sudah bisa menyimpulkan bahwa dari sisi persiapan instrumen saya sangat memberikan apresiasi kepada tim karena sudah ada beberapa yang dihasilkan termasuk sop dan juga website yang dikembangkan sesuai ruang lingkup dari puslak ini. Adapun masukan dari saya bahwa web ini tentu sangat berbeda dari website biasanya. Nah nantinya keberadaan website ini bukan hanya menjadi sumber informasi melainkan mampu menjadi media pelayanan. Ada beberapa template atau icon yang terkait dengan SPMI itu tertuang dalam website harus betul lengkap. Sehingga jika ada program studi yang membutuhkan informasi maupun panduan yang berkaitan mereka bisa mendownloadnya dengan mudah melalui situs yang telah di buat oleh tim SPMI tersebut,”terangnya lebih jelas.
Sementara itu, Dr. Amiruddin Kade, M.Si selaku Sekretaris LPPMP juga menambahkan beberapa masukan untuk tim kerja terkait SPMI.
“Intinya kita ingin menyampaikan kepada unit-unit utamanya prodi yang ada dibawah naungan kita untuk Akreditasi dan SPMI mereka bisa melihat bahwa target utama dalam penyusunan SPMI itu betul-betul untuk kebutuhan mereka. Kita pun selalu tanamkan kepada mereka tidak ada lagi kegiatan yang mereka lakukan tanpa berbasis standar. Nah dengan adanya website tersebut bisa memberikan fungsi layanan dan fungsi informasi,”tutupnya.(*)