Program Studi PG PAUD FKIP Universitas Tadulako mengikuti proses akreditasi, yaitu tahap Asesmen Lapangan (AL) secara luring oleh tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Asesmen lapangan dilaksanakan secara daring selama dua hari pada Jumat-Sabtu (11-12/11/2022).
Asesmen lapangan ini diawali dengan acara pembukaan yang berlangsung secara hikmat. Asesmen lapangan dihadiri oleh pimpinan fakultas, terdiri dari Dekan FKIP Dr Ir Amiruddin Kade SPd MSi, para Wakil Dekan, Koordinator Pulak-SPMI LPPMP Drs Syamsu MSi dan Koordinator Pusdit-EPMP LPPMP Dr Ir Dwi Sulistiawati MP. Turut hadir juga Para Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi, dan perwakilan dosen, tendik, dan mahasiswa serta sejumlah Tim Akreditasi Prodi PG PAUD.
Tim asesor yang ditugaskan LAMDIK untuk melakukan tugas visitasi terhadap Program Studi PG PAUD, yaitu Dr. Susilahati, M.Si dari Universitas Muhammadiah Jakarta dan Dr. Suyadi, M.A dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaya Yogyakarta. Keduanya diberikan tanggung jawab oleh LAMDIK untuk melakukan verifikasi data-data yang telah diinput di IAPS dan LED dan disesuaikan dengan fakta-fakta di lapangan.
Dalam acara pembukaan, Dekan FKIP Universitas Tadulako memberikan gambaran umum seputar peringkat akreditasi program studi, sertifikasi ISO, dan kesiapan Program Studi PG PAUD mengikuti asesmen lapangan secara luring, serta sejumlah harapan. “Kami sampaikan kepada asesor bahwa 3 program studi telah terakreditasi A dari BAN PT, yakni Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Profesi Guru dan 1 program studi baru saja memperoleh akreditasi Unggul dari LAMDIK, yakni Pendidikan Matematika dari 18 program studi di lingkup FKIP. Dua program studi dalam proses penyusunan SAR untuk akreditasi interasional, yakni Pendidikan Fisika dan Pendidikan Matematika” jelasnya.
Setelah melaksanakan pembukaan, tim akreditasi memutarkan video profil UPPS dan Program Studi, dilanjutkan dengan paparan Dekan FKIP tentang profil FKIP Uiversitas Tadulako berdasarkan data terbaru.
Kegiatan selanjutkan diserahkan sepenuhnya kepada Tim Asesor yang secara bergantian memberikan pertanyaan kepada pimpinan UPPS, tim UPPS dan pengelola Unit Penjaminan Mutu. Setelah istirahat tim asesor melaksanakan pemantauan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen PG PAUD, dilanjutkan dengan pertemuan dengan tim akreditasi program studi dan alumni dan pengguna lulusan. Ketua UPM Dr I Komang Werdhiana MSi dan Sekretaris UPM Nadrun SPd MEd, beserta tim UPM turut mendampingi proses klarifikasi dan pengecekan dokumen pada tim akreditasi program studi dengan kedua asesor.
Pada hari kedua pelaksanaan asesmen lapangan dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium microteaching FKIP dan wawancara kepada mahasiswam tendik dan dosen, dilanjutkan kerja mandiri tim asesor. Kegiatan penutupan dilaksanakan pada pukul 16.00 dengan disampaikannya hasil dan Rekomendasi oleh Tim Asesor.