Pada hari Jum’at-Sabtu, 22-23 Maret 2024 sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas dan relevansi, di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (UNTAD) diselenggarakan kegiatan visitasi asesmen lapangan Program Studi Bimbingan Konseling (PSBK) oleh asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi potensi perbaikan dalam penyelenggaraan program studi tersebut.
Tim Asesor yang ditunjuk oleh LAMDIK untuk melakukan Asesmen Lapangan yaitu Prof. Abdul Saman, Ph. D. Kons. dari Universitas Negeri Makassar dan Prof. Dr. M Ramli, M.A. dari Universitas Negeri Malang. Acara pembukaan resmi dibuka oleh Dekan FKIP UNTAD, Dr. Ir. Amiruddin Kade, S. Pd., M. Si. hari Jum’at 22 Maret 2024 bertempat di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Serbaguna I FKIP UNTAD.
Dijelaskan Amiruddin Kade, Program Studi Bimbingan dan Konseling merupakan satu-satu program studi BK yang eksis di Provinsi Sulawesi Tengah dan satu dari 20 (dua puluh) yang dikelola FKIP UNTAD, dan meminta agar asesor berkenan memberikan pencerahan dan penguatan untuk program studi S1 Bimbigngan dan Konseling. “Berilah kami pencerahan, berilah kami penguatan karena bapak-bapak sebagai asesor, supaya kami bisa lebih baik kualitasnya, “ harapnya.
Asesor Lamdik, Prof. Dr. M Ramli, M.A., menyampaikan tujuan Asesmen Lapangan S1 BKFKIP UNTAD. “Kami mendapat tugas dari lamdik untuk melakukan assesmen lapangan pada program studi S1 Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNTAD. Kami ingin melihat secara detail laporan evaluasi diri (LED) yang telah dikirim kepada kami dan sudah kami telaah dan pada hari ini kita ingin memvalidasi tentu kemudian memverifikasi hasil-hasil dan bukti-bukti dokumen fisik yang mendukung dan tentu nanti kita akan memberikan rekomendasi yang terbaik untuk UNTAD, “sambutnya.
Dalam acara pembukaan asesmen lapangan ini dihadiri oleh para pimpinan FKIP, Ketua Jurusan dan Koordinator program studi yang ada di FKIP UNTAD, Kepala Puslak-SPMI LPMPP, Kepala Pusat Audit dan Evaluasi Pendidikan LPMPP, Kepala Pusat Penjaminan Mutu FKIP, stakeholder terkait, alumni, pengguna alumni serta staf pendukung kegiatan.
Jadwal asesmen lapangan mencakup rangkaian kegiatan, mulai dari presentasi overview program studi, rencana pengembangan UPPS (FKIP), sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan PS (PSBK) yang diakreditasi, penetapan data LKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif, tinjauan sarana dan prasarana, interaksi dengan mahasiswa dan alumni, hingga evaluasi pelaksanaan pembelajaran. Terdapat sesi yang tak kalah pentingnya adalah sesi Pelaksana Penjaminan Mutu Internal yang bertugas adalah Kepala PPM FKIP, Dr. I Komang Werdhiana, M. Si. di damping oleh Kepala Pusat Layanan Akreditasi dan SPMI LPMPP, Drs. Syamsu, M. Si. dan Kepala Pusat Audit dan Evaluasi Pendidikan, Dr. Ir. Dwi Sulistiawati, MP. LPMPP. Dalam sesi ini hal yang ingin dikonfimasi adalah terkait pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang meliputi seluruh siklus PPEPP. Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, dan laporan berkala hasil SPMI di UPPS, Pengecekan dokumen standar, manual, instrumen, dan laporan berkala hasil SPMI di UPPS.
Acara hari pertama ditutup dengan kegiatan konfirmasi terkait keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan dari stakeholders external terkait luaran perguruan tinggi dan stakeholders internal (mahasiswa dan tendik) terkait dengan keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan dari mahasiswa dan tendik. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan PSBK dan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal, nasional, dan internasional dan membuahkan hasil yang terbaik untuk nilai akreditasi PSBK. (Sy–LPMPP)