Pusat Layanan Akreditasi dan SPMI (Puslak-SPMI) LPPMP Universitas Tadulako kembali menggelar “Pelatihan Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi”. Kegiatan dilaksanakan secara offline dan online pada Selasa (08/12/2020) yang diikuti 50 peserta perwakilan dari 50 program studi bertempat di Gedung Media Center Lantai I.
Ketua pelaksana Ns Andi Saifah M Kep Sp Kep Kom dalam laporannya menyampaikan “pelatihan ini dilatarbelakngi oleh adanya Peraturan BAN PT Nomor 4 Tahun 2017 tentang kebijakan penyusunan instrumen akreditasi program studi (IAPS 4,0) sehingga diperlukan penyamaan persepsi dalam penyusunan dokumen akreditasi program studi oleh tim penyusun”.
‘Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Prof Dr Ir Abdul Maksud DEA Asesor Nasional BAN PT dan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muslim Indonesia Makassar, dan Drs Syamsu MSi Koordinator Puslak-SPMI LPPMP Unversitas Tadulako”. Ujar Saifah.
Rektor Universitas Tadulako Prof Dr Ir Mahfudz MP dalam sambutan pembukaannya menyambut hangat narasumber asal UMI Makassar, dan menyampaikan harapannya terkait pelatihan hari ini.
“Secara keseluruhan dokumen akreditasi yang diusulkan sebelumnya ada 7 standar dan kini menjadi 9 kreteria. Meskipun semangat akreditasi program studi diberi ruang untuk tidak melakukan re-akreditasi tetapi selaku perguruan tinggi yang besar, kita tidak boleh puas dengan apa yang telah didapatkan. Akreditasi menjadi barometer terkait pelaksanaan suatu institusi. Kita harus berjuang dan tidak menyerah untuk beradaptasi dengan regulasi baru ini. Sebelumnya dari peringkat akreditasi A, B, dan C. Kini bertransformasi menjadi peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Oleh karena itu saya mengharapkan agar semua program studi siap untuk menyiapkan dokumen akreditasi ditengah sistem akreditasi yang baru. Saya juga meminta kepada ketua LPPMP untuk me-list program studi yang sudah jatuh tempo pada tahun 2021. Terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia untuk berbagi ilmu kepada kita semua”. Ujar Prof Mahfudz.
Turut hadir pada kegiatan ini Ketua dan Sekretaris LPPMP, Koordinator dan Sekretaris Pusbang dan Pusdit di lingkungan LPPMP, dan Kepala Tata Usaha dan Kasubag di lingkungan LPPMP. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan penyajian materi oleh kedua narasumber dan tanya jawab antara narasumber dan peserta (Sy)