Memanfaatkan teknologi, Tim Kerja Pusat Layanan Akreditasi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (PUSLAK-SPMI) LPPMP Untad coba gagas pelayanan SPMI berbasis online.
Nurgan Tadeko, M.Pd selaku pembuat dan pengelola website saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan beberapa kelebihan website khusus SPMI tersebut.
“Website SPMI ini berbeda dengan website lainnya, bedanya terletak dari segi keaktifan. Kebanyakan website lainnya itu hanya sebagai pembuat berita yang dijadikan sebagai berita untuk dibaca oleh seseorang. Tapi khususnya untuk website SPMI ini kita upayakan menyediakan layanan-layanan yang dibutuhkan oleh program-program kegiatan akreditasi,”jelasnya.
Selain itu, ia juga menjelaskan beberapa fasilitas khusus yang dirancang didalam setiap menu yang ada di situs website.
“Website SPMI itu mempunyai fasilitas-fasilitas khusus. Pertama mempunyai infografis, fasilitas ini masih sementara dikembangkan agar bisa memberikan informasi kepada pengunjung website, kedua yaitu dari sisi komunikasi, didalam website ini disediakan semacam alat untuk komunikasi antar pengunjung dengan pengelola puslak SPMI, ditambahkan tombol tanya jawab dan itu sementara kami kembangkan”tuturnya.
Didalam website SPMI ini juga ia jelaskan beberapa menu yang menjadi kebutuhan setiap program studi yang ada di lingkungan Untad.
“Selanjutnya, ada menu sebagai bentuk pemberitahuan untuk prodi-prodi yang nantinya akan segera diakreditasi. Di website ini sudah saya tambahkan semacam tabel sederhana yang sekiranya ini bisa dilihat oleh semua pengunjung, nantinya akan kelihatan prodi itu masa berlaku akreditasinya sampai tahun berapa. Kemudian didalam tabel itu juga kami sediakan tombol untuk download sertifikat akreditasi prodi maupun universitas. Sehingga, mahasiswa atau alumni yang membutuhkan akreditasi prodi untuk kebutuhan misalkan CPNS itu bisa langsung di download dan bisa dilegalisir dengan proses manual seperti biasa,”lanjutnya.
Sementara itu, diakhir bincang-bincang ia menambahkan penjelasan tentang perampungan website SPMI.
“Sekarang ini kami coba merampungkan segera website tersebut, akan masih banyak tambahan yang direncanakan salah-satunya tentang kepuasan layanan Puslak itu sendiri, kemudian nanti kami akan membuat bentuk hubungan antara tingkat atau penaikan nilai akreditas per akreditasi dengan kepuasan layanan puslak SPMI, jadi akan kelihatan apakah ada hubungan atau tidak ada hubungan sama sekali,”tutupnya.